Halaman

Senin, 18 November 2013

MEDIA MASSA

·         

Nama: Selvi Wijaya (915120054)
Kelas: B (Dasar - dasar Periklanan)
Dosen: Santo Tjhin


Sumber:
  • Buku "KOMUNIKASI MASSA" oleh 
  • Drs. Elvinaro Ardianto, M.Si.
  • Drs. Lukiati Komala, M.Si.
  • Drs. Siti Karlinah, M.Si.
Summary:
  • BAB 5 - BENTUK-BENTUK MEDIA MASSA




SURAT KABAR
Sejarah Singkat Surat Kabar
·         Di Jerman
Prototipe surat kabar muncul pertama kali diterbitkan di Bremen Jerman pada tahun 1609. Bentuk surat kabar yang sesungguhnya terbit pada tahun 1620 di Frankfurt, Berlin, Hamberg, Vienna, Amsterdam, dan Antwerp.
·         Di Inggris
Surat kabar pertama yang masih sederhana terbit pada tahun 1621. Sedangkan yang dianggap sebagai benar-benar surat kabar yang terbit secara teratur ialah Oxford Gazette yang terbit di Oxford tahun 1665.
·         Di Amerika
Surat kabar harian pertama di Amerika Serikat adlaah Pennsylvania Evening Post dan Daily Advertiser yang terbit tahun 1783. Hingga tahun 1830-an surat kabar harganya relatif mahal sehingga hanya dibaca oleh golongan elit dan para politikus.
1.      The Penny Press
Surat kabar New York Sun yang diterbitkan oleh Benyamin Day pada tahun 1833, harganya hanya enam sen dan mudah didapat dari penjaja di pinggir jalan. Surat kabar New York Sun menandai era surat kabar sebagai media massa, dan karena murahnya harga sebuah surat kabar era itu disebut The Penny Press.
2.      Newspaper Baroons
Pada akhir abad ke 19 surat kabar di Amerika mengalami kejayaan karena surat kabar melakukan promosi yang sangat agresif, terlebih setelah Joseph Pulitzer membeli New York Word pada tahun 1892 pembacanya berjumlah 324.000 orang. Kejayaan ini dikenal dengan masa Newspaper Baroons.
3.      Yellow Journalism
Surat kabar di Amerika akhir abad 19 menjadi bisnis besar, karena sirkulasinya yang semakin ketat dan besar. Masing-masing surat kabar ingin menarik perhatian masyarakatnya. Diantaranya dengan cara menulis headline dengan huruf besar, cerita berita sensasional. Surat kabar demikian pemberitaan nya didasarkan pada gosip, kriminal, skandal, perceraian, seks,bencana dan olah raga.
4.      Jazz Journalism
Tahun 1919 terbit surat kabar New York Daily News yang ukurannya lebih kecil, banyak menggunakan foto terutama pada halaman pertama dan menampilkan satu atau dua headline.

Fungsi Surat Kabar

Surat kabar sebagai media massa dalam masa orde baru mempunyai misi menyebarluaskan pesan-pesan pembangunan dan sebagai alat mencerdaskan rakyat Indonesia. Dari empat fungsi media massa (Informasi, edukasi, hiburan dan persuasif) fungsi yang paling menonjol pada surat kabar adalah informasi. Hal ini sesuai dengan tujuan utama khalayak membaca
Surat kabar, yaitu keingintahuan akan setiap peristiwa yang terjadi di sekitarnya. Fungsi pers khususnya surat kabar pada perkembangannya bertambah, yakni sebagai alat kontrol sosial yang konstruktif.

Karakteristik Surat Kabar

·         Publisitas, penyebaran pada publik atau khalayak.
·         Periodesitas, menunjuk pada keteraturan terbitnya, bisa harian, mingguan, atau dwi mingguan.
·         Universalitas, menunjuk pada kesemestaan isinya, yang beraneka ragam dan dari seluruh dunia. Dengan demikian atau isi surat kabar meliputi seluruh aspek kehidupan manusia, seperti masalah sosial, ekonomi, budaya, agama, pendidikan, keamanan dll.
·         Aktualitas, menurut kata asalnya, berarti “kini” dan “keadaan” sebenarnya. Kedua istilah itu erat kaitannya dengan berita adalah, laporan tercepat mengenai fakta-fakta atau opini yang penting atau menarik minat atau keduanya bagi sejumlah besar orang.
·         Terdokumentasikan, dari berbagai fakta yang disajikan surat kabar dalam bentuk berita atau artikel, dan dipastikan ada beberapa diantaranya yang oleh pihak-pihak tertentu dianggap penting untuk diarsipkan atau di buat klipping.

Kategorisasi Surat Kabar
Surat kabar dikelompokkan pada berbagai kategori. Dilihat dari ruang lingkupnya, surat kabar lokal, regional, dan nasional. Ditinjau dari bentuknya, bentuknya surat kabar biasa dan tabloid. Sedangkan dilihat dari bahasa yang digunakan, ada surat kabar berbahasa Indonesia, Bahasa inggris, dan bahasa daerah.

Majalah

Klasifikasi majalah dibagi ke dalam lim kategori utama:

Ø  General consumer magazine, majalah konsumen umum ini menyajikan informasi tentang produk dan jasa yang diiklankan pada halaman-halaman tertentu.
Ø  Business publication, majalah-majalah bisnis melayani secara khusus informasi bisnis, industri atau profesi.
Ø  Literacy reviews and academic journal, terdapat ribuan nama majalah kritik, sastra dan majalah ilmiah, yang pada umumnya diterbitkan organisasi-organisasi nonprofit. Newsletter, media ini dipublikasikan dengan bentuk khusus, 4-8 halaman dengan perwajahan khusus pula.
Ø  Public relations magazine, majalah PR ini diterbitkan oleh perusahaan, dan dirancang untuk sirkulasi pada karyawan perusahaan, agen, pelanggan, dan pemegang saham.

Kategorisasi Majalah

§  Majalah berita
§  Majalah keluarga
§  Majalah wanita
§  Majalah pria
§  Majalah remaja wanita
§  Majalah remaja pria
§  Majalah anak-anak
§  Majalah ilmiah populer
§  Majalah umum
§  Majalah hukum
§  Dsb

Fungsi Majalah

Mengacu pada khalayak yang spesifik, maka fungsi utama media berbeda satu dengan yang lainnya. Misal,majalah berita mengacu pada fungsi informasi dsb.

Karakteristik Majalah

Ø  Penyajian lebih dalam, frekuensi majalah pada umumnya adalah mingguan. Selebihnya dwi mingguan, bahkan bulanan.
Ø  Nilai aktualitas lebih lama

Apabila nilai aktualitas surat kabar hanya berumur satu hari, maka aktualitas majalah bisa satu minggu.Kita bisa membaca topik pada majalah berulang kali sebagai referensi.
Ø  Gambar/foto lebih banyak
Ø  Kover sebagai daya tarik

Radio Siaran

Karakteristik Radio siaran
Ø  Auditori
Ø  Radio is the now
Ø  Imajinatif
Ø  Akrab
Ø  Gaya Percakapan
Ø  Menjaga mobilitas

Televisi
Terdapat lima metode penyampaian program televisi yang telah dikembangkan:
Ø  Over the air reception of network and local station program
Ø  Cable, program yang disampaikan melalui satelit kabel lokal
Ø  Digital cable, bagian dari information super highway
Ø  Wireless cable
Ø  Direct Broadcast Satellite (DBS)

Karakteristik Televisi
Ø  Audiovisual
Ø  Berpikir dalam gambar
Ø  Pengoperasian lebih kompleks

Faktor-faktor yang perlu diperhatikan agar pesan diterima oleh masyarakat:
Ø  Pemirsa
Ø  Waktu
Ø  Durasi
Ø  Metode penyajian

Film
Film memiliki fungsi informatif, edukatif dan persuasif. Salah satunya film nasional, bisa memberikan fungsi edukasi apabila film-film sejarah yang objektif, atau film dokumenter dan film yang diangkat dari kehidupan sehari-hari.

Karakteristik Film
Ø  Layar yang luas/lebar
Ø  Pengambilan gambar
Ø  Konsentrasi penuh
Ø  Identifikasi psikologis

Jenis-jenis Film
Ø  Film cerita
Ø  Film berita
Ø  Film dokumenter

Ø  Film kartun

Tidak ada komentar: