·
Nama: Selvi Wijaya (915120054)
Kelas: B (Dasar - dasar Periklanan)
Dosen: Santo Tjhin
Sumber:
- Buku "KOMUNIKASI MASSA" oleh
- Drs. Elvinaro Ardianto, M.Si.
- Drs. Lukiati Komala, M.Si.
- Drs. Siti Karlinah, M.Si.
Summary:
- BAB 5 - BENTUK-BENTUK MEDIA MASSA
SURAT KABAR
Sejarah Singkat Surat
Kabar
·
Di Jerman
Prototipe surat kabar muncul
pertama kali diterbitkan di Bremen Jerman pada tahun 1609. Bentuk surat kabar yang
sesungguhnya terbit pada tahun 1620 di Frankfurt, Berlin, Hamberg, Vienna,
Amsterdam, dan Antwerp.
·
Di Inggris
Surat kabar pertama yang masih
sederhana terbit pada tahun 1621. Sedangkan yang dianggap sebagai benar-benar
surat kabar yang terbit secara teratur ialah Oxford Gazette yang terbit di
Oxford tahun 1665.
·
Di Amerika
Surat kabar harian pertama di
Amerika Serikat adlaah Pennsylvania Evening Post dan Daily Advertiser yang
terbit tahun 1783. Hingga tahun 1830-an surat kabar harganya relatif mahal
sehingga hanya dibaca oleh golongan elit dan para politikus.
1. The
Penny Press
Surat
kabar New York Sun yang diterbitkan oleh Benyamin Day pada tahun 1833, harganya
hanya enam sen dan mudah didapat dari penjaja di pinggir jalan. Surat kabar New
York Sun menandai era surat kabar sebagai media massa, dan karena murahnya
harga sebuah surat kabar era itu disebut The Penny Press.
2. Newspaper
Baroons
Pada
akhir abad ke 19 surat kabar di Amerika mengalami kejayaan karena surat kabar
melakukan promosi yang sangat agresif, terlebih setelah Joseph Pulitzer membeli
New York Word pada tahun 1892 pembacanya berjumlah 324.000 orang. Kejayaan ini
dikenal dengan masa Newspaper Baroons.
3. Yellow
Journalism
Surat
kabar di Amerika akhir abad 19 menjadi bisnis besar, karena sirkulasinya yang
semakin ketat dan besar. Masing-masing surat kabar ingin menarik perhatian
masyarakatnya. Diantaranya dengan cara menulis headline dengan huruf besar,
cerita berita sensasional. Surat kabar demikian pemberitaan nya didasarkan pada
gosip, kriminal, skandal, perceraian, seks,bencana dan olah raga.
4. Jazz
Journalism
Tahun
1919 terbit surat kabar New York Daily News yang ukurannya lebih kecil, banyak
menggunakan foto terutama pada halaman pertama dan menampilkan satu atau dua
headline.
Fungsi Surat Kabar
Surat kabar sebagai media massa dalam masa orde baru
mempunyai misi menyebarluaskan pesan-pesan pembangunan dan sebagai alat
mencerdaskan rakyat Indonesia. Dari empat fungsi media massa (Informasi,
edukasi, hiburan dan persuasif) fungsi yang paling menonjol pada surat kabar
adalah informasi. Hal ini sesuai dengan tujuan utama khalayak membaca
Surat kabar, yaitu keingintahuan akan setiap
peristiwa yang terjadi di sekitarnya. Fungsi pers khususnya surat kabar pada
perkembangannya bertambah, yakni sebagai alat kontrol sosial yang konstruktif.
Karakteristik Surat Kabar
·
Publisitas, penyebaran pada publik atau
khalayak.
·
Periodesitas, menunjuk pada keteraturan
terbitnya, bisa harian, mingguan, atau dwi mingguan.
·
Universalitas, menunjuk pada kesemestaan
isinya, yang beraneka ragam dan dari seluruh dunia. Dengan demikian atau isi
surat kabar meliputi seluruh aspek kehidupan manusia, seperti masalah sosial,
ekonomi, budaya, agama, pendidikan, keamanan dll.
·
Aktualitas, menurut kata asalnya,
berarti “kini” dan “keadaan” sebenarnya. Kedua istilah itu erat kaitannya
dengan berita adalah, laporan tercepat mengenai fakta-fakta atau opini yang
penting atau menarik minat atau keduanya bagi sejumlah besar orang.
·
Terdokumentasikan, dari berbagai fakta
yang disajikan surat kabar dalam bentuk berita atau artikel, dan dipastikan ada
beberapa diantaranya yang oleh pihak-pihak tertentu dianggap penting untuk
diarsipkan atau di buat klipping.
Kategorisasi Surat Kabar
Surat kabar dikelompokkan pada berbagai kategori.
Dilihat dari ruang lingkupnya, surat kabar lokal, regional, dan nasional.
Ditinjau dari bentuknya, bentuknya surat kabar biasa dan tabloid. Sedangkan
dilihat dari bahasa yang digunakan, ada surat kabar berbahasa Indonesia, Bahasa
inggris, dan bahasa daerah.
Majalah
Klasifikasi majalah dibagi ke dalam lim kategori
utama:
Ø General
consumer magazine, majalah konsumen umum ini menyajikan informasi tentang
produk dan jasa yang diiklankan pada halaman-halaman tertentu.
Ø Business
publication, majalah-majalah bisnis melayani secara khusus informasi bisnis,
industri atau profesi.
Ø Literacy
reviews and academic journal, terdapat ribuan nama majalah kritik, sastra dan
majalah ilmiah, yang pada umumnya diterbitkan organisasi-organisasi nonprofit.
Newsletter, media ini dipublikasikan dengan bentuk khusus, 4-8 halaman dengan
perwajahan khusus pula.
Ø Public
relations magazine, majalah PR ini diterbitkan oleh perusahaan, dan dirancang
untuk sirkulasi pada karyawan perusahaan, agen, pelanggan, dan pemegang saham.
Kategorisasi Majalah
§ Majalah
berita
§ Majalah
keluarga
§ Majalah
wanita
§ Majalah
pria
§ Majalah
remaja wanita
§ Majalah
remaja pria
§ Majalah
anak-anak
§ Majalah
ilmiah populer
§ Majalah
umum
§ Majalah
hukum
§ Dsb
Fungsi Majalah
Mengacu pada khalayak yang spesifik, maka fungsi
utama media berbeda satu dengan yang lainnya. Misal,majalah berita mengacu pada
fungsi informasi dsb.
Karakteristik Majalah
Ø Penyajian
lebih dalam, frekuensi majalah pada umumnya adalah mingguan. Selebihnya dwi
mingguan, bahkan bulanan.
Ø Nilai
aktualitas lebih lama
Apabila nilai aktualitas surat
kabar hanya berumur satu hari, maka aktualitas majalah bisa satu minggu.Kita
bisa membaca topik pada majalah berulang kali sebagai referensi.
Ø Gambar/foto
lebih banyak
Ø Kover
sebagai daya tarik
Radio Siaran
Karakteristik Radio siaran
Ø Auditori
Ø Radio
is the now
Ø Imajinatif
Ø Akrab
Ø Gaya
Percakapan
Ø Menjaga
mobilitas
Televisi
Terdapat lima metode penyampaian program televisi
yang telah dikembangkan:
Ø Over
the air reception of network and local station program
Ø Cable,
program yang disampaikan melalui satelit kabel lokal
Ø Digital
cable, bagian dari information super highway
Ø Wireless
cable
Ø Direct
Broadcast Satellite (DBS)
Karakteristik Televisi
Ø Audiovisual
Ø Berpikir
dalam gambar
Ø Pengoperasian
lebih kompleks
Faktor-faktor yang perlu diperhatikan agar pesan
diterima oleh masyarakat:
Ø Pemirsa
Ø Waktu
Ø Durasi
Ø Metode
penyajian
Film
Film memiliki fungsi informatif, edukatif dan
persuasif. Salah satunya film nasional, bisa memberikan fungsi edukasi apabila
film-film sejarah yang objektif, atau film dokumenter dan film yang diangkat
dari kehidupan sehari-hari.
Karakteristik Film
Ø Layar
yang luas/lebar
Ø Pengambilan
gambar
Ø Konsentrasi
penuh
Ø Identifikasi
psikologis
Jenis-jenis Film
Ø Film
cerita
Ø Film
berita
Ø Film
dokumenter
Ø Film
kartun
Tidak ada komentar:
Posting Komentar