Halaman

Senin, 18 November 2013

FATIGON: USE CONSUMER INSIGHT SMARTLY, ALL START FROM EYES

Nama: Selvi Wijaya (915120054)
Kelas: B (Dasar - dasar Periklanan)
Dosen: Santo Tjhin


Sumber:
  • Buku "Advertising That Sells" oleh Dyah Hasto Palupi & Teguh Sri Prambudi
Summary:
  • Bagian XIV - FATIGON: USE CONSUMER INSIGHT SMARTLY, ALL START FROM EYES





Fatigon

Use Consumer Insight Smartly, All Start From Eyes

Membangun Diferensiasi

Dengan situasi seperti itu, berat buat Fatigon memasuki kancah bisnis multivitamin. Puluhan produk multivitamin menawarkan fungsi dan manfaat yang sama; membantu meningkatkan vitalitas, daya tahan, dan stamina tubuh. Produk-produk multivitamin itu juga menjanjikan hal serupa; membantu mempertahankan kondisi tubuh dalam melakukan banyak aktivitas sehari-hari.

Yang membedakan merek lain, keunggulan komposisi Fatigon digunakan sebagai titik tolak komunikasi yang digali lewat simulasi merek dan market insight. Saran Trout, Fatigon berusaha mendefinisikan perbedaan (komposisi bahan) dengan cara yang dapat dipahami konsumen. Yakni, dengan bahasa komunikasi.
Ikon itu Bernama Ari Wibowo

Fatigon makin lincah dengan akrobatnya. Pemain baru ini makin berani dengan eksperimen-eksperimen kreatifnya. Mungkin karena menjadi underdog sebagai penantang di multivitamin. Fatigon merdeka berkreasi menciptakan daya saing sendiri.
Sesungguhnya bukan hanya dari sisi entertaiment sosok Ari dibutuhkan Fatigon. Dari sisi pemasaran pun, keberadaan selebriti sebagai endorser memang diperlukan. Selebriti bisa menjadi alat penarik taget pasar yang ampuh, apalagi jika memiliki karakter yang bisa memperkuat positioning produk.

Sosok dan karakter Ari kebetulan istimewa. Dia aktor yang sedang menanjak karier nya, muda, aktif, dan penuh semangat. Dia juga dikenal memiliki pola hidup sehat, rajin berolah raga (memperdalam taekwondo) dan pekerja aktif.

Ekstensifikasi: Fatigon Spirit

Membangun merek, antara lain dengan cara meningkatkan ekuitasnya. Langkah yang ditempuh Dankos adalah dengan mengekstensi merek Fatigon. Juli, 2003, diluncurkan Fatigon Spirit hampir sama dengan minuman berenergi, yakni sebagai penambah tenaga (energi). Bedanya, Fatigon spirit dalam bentuk kaplet yang lebih praktis dan instan.

Komposisi fatigon spirit memang berbeda dengan multivitamin sejenis. Ia memiliki kandungan L-Carnitine fumarat; guaranine; vitamin B1, B6, dan B12 serta ginseng yang bekerja aktif mengatasi kurang tenaga dan stamina menurun, serta menghilangkan rasa kantuk. Karenanya, Fatigon spirit disarankan digunakan saat tubuh melakukan aktivitas tinggi.


Tidak ada komentar: