Halaman

Senin, 18 November 2013

QCD + FLEXIBILITY = EXTRAORDINARY VALUE

Nama: Selvi Wijaya (915120054)
Kelas: B (Dasar - dasar Periklanan)
Dosen: Santo Tjhin


Sumber:
  • Buku "Advertising That Sells" oleh Dyah Hasto Palupi & Teguh Sri Prambudi
Summary:
  • Bagian IV - QCD + Flexibility = Extraordinary Value



QCD + Flexibility = Extraordinary Value


Operational Exellence adalah model bisnis yang mengandalkan kemampuan perusahaan dalam mencapai efisiensi setinggi mungkin. Mengenai efisiensi ada 3 kata kuncinya, yaitu quality, cost, delivery (OCD). Maksudnya bagaimana perusahaan mencapai quality setinggi mungkin (high quality), cost serendah mungkin (low cost), dan delivery secepat mungkin (fast delivery).

Product leadership adalah model bisnis yang mengandalkan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan produk-produk baru secepat mungkin di pasar. Terakhir, consumer intimacy adalah model bisnis yang mengandalkan kemampuan perusahaan dalam membangun keintiman, layanan dan hubungan dengan pelanggan. Contoh perusahaan ini adalah Singapore Airlines (SQ), dikenal karena service excellence-nya yang memungkinkan pelanggannya begitu dekat dengan layanannya.

BE FLEXIBLE – ANYTHING CAN DO

Memang agak sulit mendeskripsikam fleksibilitas, mengingat bentuk-bentuk penerapannya sangat beragam. Flexibilitas bisa berupa tambahan value-added services yang diberikan kepada klien meskipun sering tidak ada dalam kontrak perjanjian; bisa berupa orientasi tim kreatif yang akomodatif dan dialogis dalam merancang konsep kreatif dengan klien; bisa berupa kemampuan meng-costumsize paket pelayanan yang betul-betul sesuai dengan kondisi klien, misalnya jika si klien memiliki anggaran yang terbatas; bisa juga fleksibilitas dalam hal waktu.

Anything can do? Ya, semua bisa dikerjakan Dwi Sapta: iklan beranggaran cekak, ide kreatif sesulit dan serumit apapun, atau delivery iklan secepat apapun. Ini barangkali bentuk lain fleksibilitas. Fleksibilitas bisa menyangkut pula aspek kreatif. Banyak kasus yang menunjukan para creative director memaksakan konsep kreatifnya, mereka menganggap seolah-olah konsep merekalah yang terbaik. Sebaliknya, si klien sering menganggap merekalah yang paling tahu konsumen dan karakter pasar. Dari kondisi inilah kerap muncul friksi dan perbedaan pendapat antara agensi dan klien.

SPEED, SPEED, SPEED

Ciri khas lain layanan Dwi Sapta dan sekaligua menjadi point of differentiation dibandingkan dengan perusahaan iklan lain adalah kecepatan. Di tengah persaingan bisnis yang kian ketat saat ini, kecepatan menjadi komoditas yang penting, apalagi di sektor-sektor persaingannya demikian cepat fast-moving consumer goods. Tak mengherankan, proses kerja yang serba cepat mampu menghasilkan extraordinary value ke pelanggan, karena selain menghasilkan efisiensi dalam bentuk penghematan waktu, kerja yang cepat juga selalu diikuti oleh efisiensi dalam biaya.

BEST VALUE

Komponen lain yang menjadi faktor sukses layanan Dwi Sapta adalah murah. Memang murah disini sifatnya relatif, karena itu kami lebih cocok menyebutnya best value. Bicara mengenai best value, si klien akan mendapatkan komposisi kualitas dan harga yang pas. Kualitasnya sangat baik, harganya cukup sesuai.  Best value yang diberikan Dwi Sapta tak lain adalah kombinasi antara Get dan Give sedemikian rupa sehingga menghasilkan value terbaik bagi klien. Untuk menghasilkan value terbaik, tentu saja akan berbeda-beda untuk klien satu dengan yang lain. Di sinilah customization kemudian memainkan peran penting, paket layanannya dibedakan antara satu klien dan klien yang lain

Tidak ada komentar: