Nama: Selvi Wijaya (915120054)
Kelas: B (Dasar - dasar Periklanan)
Dosen: Santo Tjhin
Sumber:
- Buku "Advertising That Sells" oleh Dyah Hasto Palupi & Teguh Sri Prambudi
Summary:
- Bagian IV - QCD + Flexibility = Extraordinary Value
QCD + Flexibility = Extraordinary Value
Operational Exellence adalah model bisnis yang
mengandalkan kemampuan perusahaan dalam mencapai efisiensi setinggi mungkin.
Mengenai efisiensi ada 3 kata kuncinya, yaitu quality, cost, delivery (OCD).
Maksudnya bagaimana perusahaan mencapai quality setinggi mungkin (high
quality), cost serendah mungkin (low cost), dan delivery secepat mungkin (fast
delivery).
Product leadership adalah model bisnis yang
mengandalkan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan produk-produk baru secepat
mungkin di pasar. Terakhir, consumer intimacy adalah model bisnis yang
mengandalkan kemampuan perusahaan dalam membangun keintiman, layanan dan
hubungan dengan pelanggan. Contoh perusahaan ini adalah Singapore Airlines
(SQ), dikenal karena service excellence-nya yang memungkinkan pelanggannya
begitu dekat dengan layanannya.
BE FLEXIBLE – ANYTHING CAN DO
Memang agak sulit mendeskripsikam fleksibilitas,
mengingat bentuk-bentuk penerapannya sangat beragam. Flexibilitas bisa berupa
tambahan value-added services yang diberikan kepada klien meskipun sering tidak
ada dalam kontrak perjanjian; bisa berupa orientasi tim kreatif yang akomodatif
dan dialogis dalam merancang konsep kreatif dengan klien; bisa berupa kemampuan
meng-costumsize paket pelayanan yang betul-betul sesuai dengan kondisi klien,
misalnya jika si klien memiliki anggaran yang terbatas; bisa juga fleksibilitas
dalam hal waktu.
Anything can do? Ya, semua bisa dikerjakan Dwi
Sapta: iklan beranggaran cekak, ide kreatif sesulit dan serumit apapun, atau
delivery iklan secepat apapun. Ini barangkali bentuk lain fleksibilitas.
Fleksibilitas bisa menyangkut pula aspek kreatif. Banyak kasus yang menunjukan
para creative director memaksakan konsep kreatifnya, mereka menganggap
seolah-olah konsep merekalah yang terbaik. Sebaliknya, si klien sering
menganggap merekalah yang paling tahu konsumen dan karakter pasar. Dari kondisi
inilah kerap muncul friksi dan perbedaan pendapat antara agensi dan klien.
Ciri khas lain layanan Dwi Sapta dan sekaligua
menjadi point of differentiation dibandingkan dengan perusahaan iklan lain
adalah kecepatan. Di tengah persaingan bisnis yang kian ketat saat ini,
kecepatan menjadi komoditas yang penting, apalagi di sektor-sektor
persaingannya demikian cepat fast-moving consumer goods. Tak mengherankan,
proses kerja yang serba cepat mampu menghasilkan extraordinary value ke
pelanggan, karena selain menghasilkan efisiensi dalam bentuk penghematan waktu,
kerja yang cepat juga selalu diikuti oleh efisiensi dalam biaya.
BEST VALUE
Tidak ada komentar:
Posting Komentar