Halaman

Sabtu, 16 November 2013

KRITIK EKONOMI POLITIK

Nama: Selvi Wijaya (915120054)
Kelas: B (Dasar - dasar Periklanan)
Dosen: Santo Tjhin


Sumber:
  • Buku  PERIKLANAN Perspektif Ekonomi Politik
Summary:
  • Bagian VI - Kritik Ekonomi Politik


Bab enam ini membahas kritik dari beberapa tokoh terhadap kapitalisme: konsep ekonomi politik, konsep dasar basis dan suprastruktur, dan ide pokok ekonomi politik komunikasi.


KARL MARX


Cara produksi yang sedang berjalan dan kita alami sekarang adalah cara produksi kapitalis. Berbeda dengan cara produksi sebelumnya (feodal), kapitalisme tidak dijalankan hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan hidup yang pokok. Marx membagi realitas kehidupan ke dalam dua bagian, yakni bisnis dan suprastruktur. Basis dianggap  sebagai bagian pokok yang sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia.
Miliband mencoba mengamati kondisi kapitalisme modern saat ini, membagi kelas-kelas tersebut ke dalam tiga grup:


1.      Elite-berkuasa, yaitu segelintir orang yang memiliki kekuatan dalam mngendalikan industri, perusahaan finansial, maupun perdagangan raksasa.
2.      Kelompok profesional yang menopang elite-berkuasa karen akeahlian khusus mereka
3.      Kelas bawah, mereka yang menggantungkan hidup dari kerja upahan, petani, nelayan, maupun pengangguran.


Walaupun demikian, menurut Milliband, pada akhirnya kelas profesional pun akan terpecah ke dalam dua sudut: mereka yang menopang dominasi elite-berkuasa entah melalui politik, hukum, atau alat kekerasan lainnya; dan mereka yang menjadi pembela kelas bawah.


HORKHEIMER & ADORNO


Dalam Dialectic of Enlightenment, Hokheimer dan Adorno juga mengemukakankritiknya terhadap industri massa. Menurut mereka, budaya massa telah menciptakan standarisasi dan serangan komoditas secara besar-besaran. Sebagai sasaran budaya, masyarakat telah diarahkan untuk mengikuti standar-standar massa yang ditampilkan melalui iklan, film, gaya hidup, nilai-nilai, atau visi tentang dunia. Dari sinilah masyarakat kemudian melakukan peniruan (mimesis) terhadap hal-hal yang mereka lihat dalam media.Hokheimer & Adorno melihat perkembangan teknologi dan penguasaan ekonomi ini telah membawa manusia ke dalam persaingan untuk mempertahankan diri – adaptasi manusia dalam persaingan-persaingan kepentingan pribadi. 





Daftar Pustaka:
Supriadi, Yadi. 2013. Periklanan Perspektif Ekonomi Politik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.


Tidak ada komentar: