KRITIK EKONOMI POLITIK
Nama: Selvi Wijaya (915120054)
Kelas: B (Dasar - dasar Periklanan)
Dosen: Santo Tjhin
Sumber:
- Buku PERIKLANAN Perspektif Ekonomi Politik
Summary:
- Bagian VI - Kritik Ekonomi Politik
Bab enam ini membahas kritik dari beberapa tokoh
terhadap kapitalisme: konsep ekonomi politik, konsep dasar basis dan
suprastruktur, dan ide pokok ekonomi politik komunikasi.
KARL MARX
Cara produksi yang sedang berjalan dan kita alami
sekarang adalah cara produksi kapitalis. Berbeda dengan cara produksi
sebelumnya (feodal), kapitalisme tidak dijalankan hanya sekedar untuk memenuhi
kebutuhan hidup yang pokok. Marx membagi realitas kehidupan ke dalam dua
bagian, yakni bisnis dan suprastruktur. Basis dianggap sebagai bagian pokok yang sangat berpengaruh
dalam kehidupan manusia.
Miliband mencoba mengamati kondisi kapitalisme modern
saat ini, membagi kelas-kelas tersebut ke dalam tiga grup:
1. Elite-berkuasa,
yaitu segelintir orang yang memiliki kekuatan dalam mngendalikan industri,
perusahaan finansial, maupun perdagangan raksasa.
2. Kelompok
profesional yang menopang elite-berkuasa karen akeahlian khusus mereka
3. Kelas
bawah, mereka yang menggantungkan hidup dari kerja upahan, petani, nelayan,
maupun pengangguran.
Walaupun demikian, menurut Milliband, pada akhirnya
kelas profesional pun akan terpecah ke dalam dua sudut: mereka yang menopang
dominasi elite-berkuasa entah melalui politik, hukum, atau alat kekerasan
lainnya; dan mereka yang menjadi pembela kelas bawah.
HORKHEIMER & ADORNO
Dalam Dialectic of Enlightenment, Hokheimer dan
Adorno juga mengemukakankritiknya terhadap industri massa. Menurut mereka,
budaya massa telah menciptakan standarisasi dan serangan komoditas secara
besar-besaran. Sebagai sasaran budaya, masyarakat telah diarahkan untuk
mengikuti standar-standar massa yang ditampilkan melalui iklan, film, gaya
hidup, nilai-nilai, atau visi tentang dunia. Dari sinilah masyarakat kemudian melakukan
peniruan (mimesis) terhadap hal-hal yang mereka lihat dalam media.Hokheimer & Adorno melihat perkembangan
teknologi dan penguasaan ekonomi ini telah membawa manusia ke dalam persaingan
untuk mempertahankan diri – adaptasi manusia dalam persaingan-persaingan
kepentingan pribadi.
Daftar Pustaka:
Supriadi, Yadi. 2013. Periklanan Perspektif Ekonomi Politik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar