Halaman

Sabtu, 16 November 2013

JENIS - JENIS IKLAN - DASAR-DASAR PERIKLANAN

Nama: Selvi Wijaya (915120054)
Kelas: B (Dasar - dasar Periklanan)
Dosen: Santo Tjhin


Sumber:
  • Buku  PERIKLANAN Perspektif Ekonomi Politik
Summary:
  • Bagian III - Jenis-Jenis Iklan



Bab ketiga ini berisi tentang ragam media yang digunakan dalam kegiatan periklanan,pengemasan pesan atau informasi yang ingin disampaikan, relevansi tujuan produk dengan penentuan sasaran iklan.


JENIS IKLAN BERDASARKAN MEDIA
Kini, media pemasangan iklan tidak sebatas di dua media besar (elektronik dan cetak), tetapi juga sudah masuk ke dalam media-media lain, seperti internet dan telepon selular (SMS). Secara garis besar, media iklan dibagi ke dalam dua ragam:

1.      Media cetak, dalam hal ini surat kabar, majalah, brosur, papan iklan atau billiboard
2.      Media elektronik, seperti radio, televisi, film.
Berdasarkan media penyampaiannya secara lebih spesifik iklan dibagi ke dalam 5 ragam iklan:

·         IKLAN TELEVISI adalah iklan yang menggunakan seluruh alat serta unsur dalam kegiatan komunikasi dan disampaikan dalam bentuk audio-visual. Ruang eksplorasi iklan televisi sangat besar, hampir semua unsur, baik verbal maupun non verbal, mendapat ruang dalam kreasi iklan televisi.

·         SURAT KABAR dan MAJALAH merupakan media cetak yang bisa kita kategorikan sebagai kumpulan berbagai media informasi yang dibuat (diproduksi) serta disampaikan kepada khalayak sasaran (pembaca) melalui tulisan (cetakan) dan seringkali disertai gambar sehingga dapat dilihat juga. Selain ragam media cetak iklan juga terdapat majalah khusus iklan yang berbeda-beda penyebutannya. Ada yang menyebut leaflet, brosur iklan,media promo dll.

·         IKLAN RADIO, yang menjadi kekuatan adalah bagaimana pesan iklan tersebut dapat sampai ke telinga pendengar dengan baik. Seorang scriptwriter iklan radio harus memiliki kemampuan imajinasi yang lebih agar script iklan yang ia buat tampak begitu hidup, baik dari pemilihan setting tempat, karakter suara, gaya lisan, maupun pemilihan sound effect (SFX).

·         INTERNET merupakan gabungan dari komunikasi, media dan informatika yang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses informasi dengan jumlah tidak terbatas. Sebagai media global, internet tidak hanya dapat menyajikan informasi tetapi juga dapat menjadi ruang interaksi sosial bagi masyarakat. Jika dalam media cetak dan elektronik ukuran audiens dilihat dari banyaknya pembaca, penonton maupun pendengar, dalam internet audiens diukur dari seberapa banyak jumlah pengunjung ke situs yang disediakan.

·         IKLAN SMS adalah iklan yang memberikan informasi tentang berbagai hal dari operator kepada pelanggan atau pengguna jaringan telepon. Jenis atau isi pesan yang ditawarkan sangat beragam mulai dari layanan tarif murah, bonus telepon dan SMS, download lagu, RBT, lowongan kerja, hingga pesan-pesan komersial yang menawarkan produk-produk tertentu.


JENIS IKLAN BERDASARKAN ISI PESAN

1.      Iklan komersial
2.      Iklan layanan masyarakat
3.      Iklan politik
Iklan komersial adalah Iklan yang bertujuan mendukung kampanye suatu produk atau jasa. Tujuannya yakni sebagai media pemasaran produk hampir sebagian besar iklan yang dimuat di berbagai media adalah iklan kegiatan promosi, baik untuk memperkenal sebuah produk, mendorong untuk membeli, meningkatkan konsumen, maupun menanamkan loyalitas konsumen terhadap sebuah produk.
Iklan layanan masyarakat merupakan iklan nonkomersial dengan maksud mengajak, mendidik, mengarahkan atau menghimbau masyarakat sebagai warga negara maupun warga dunia. Komunikan dalam iklan layanan masyarakat biasanya lembaga-lembaga pemerintah atau lembaga swadaya.
Iklan politik bisa disebuat juga media kampanye yang bertujuan untuk kepentingan partai politik. Tujuan dari iklan politik sangat beragam, mulai dari memperkenalkan partai baru, membangun citra partai, memperkenalkan program kerja partai, hingga memenangkan pemilu. Di Indonesia, iklan politik lazimnya ramai dilakukan saat berlangsung kampanye terbuka dalam pilkada maupun pilpres.


JENIS IKLAN BERDASARKAN SASARAN
Setiap produk atau jasa yang dibuat memiliki segmentasi konsumen yang berbeda-beda. Perbedaan inilah yang menentukan variasi sasaran iklan berdasarkan siapa konsumen yang sebenarnya. Sasaran iklan diantaranya, orang tua (rumah tangga), dewasa, remaja dan anak-anak. Sasaran ini pada akhirnya akan berpengaruh terhadap isi pesan iklan serta ragam media yang dipilih.
Di dalam keluarga, seorang ayah, ibu, atau anggota keluarga lainnya, memiliki pengaruh dalam perilaku konsumsi. Mereka memiliki motif  dan kepercayaan masing-masing berkaitan dengan suatu produk yang akan dikonsumsi. Begitu pula dengan sasarn orang dewasa, pesan dan tujuan konsumsi produk iklan tersebut disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan orang dewasa. Sementara itu, iklan remaja merupakan iklan yang sasaran produk dan jasanya ditujukan bagi remaja. Dalam usia yang sedang berkembang ini, remaja memiliki gejala psikologis yang khas sehingga pesan iklan pun dikemas agar dapat merepresentasikan kondisi psikologis mereka. Anak-anak sebagai salah satu konsumen, juga tidak lepas dari sasaran iklan produk dan jasa. Selain sebagai konsumen, mereka dijadikan sebagai aktor dalam periklanan, karena itu keberadaan anak dalam dunia periklanan sangat diperhatikan, diantaranya:
1.      Iklan tidak boleh menggunakan model anak-anak untuk produk yang tidak layak dikonsumsi oleh anak-anak
2.      Iklan tidak boleh memperlihatkan anak-anak dalam adegan yang berbahaya, menyesatkan atau tidak pantas dilakukan oleh anak-anak
3.      Iklan tidak boleh menampilkan anak-anak sebagai penganjur penggunaan suatu produk yang bukanuntuk anak-anak
4.      Iklan tidak boleh menampilkan adegan yang mengekploitasi daya rengek (pester power) anak-anak dengan maksud memaksa para orang tua untuk mengabulkan permintaan anak-anak mereka akan produk terkait.






Daftar Pustaka:
Supriadi, Yadi. 2013. Periklanan Perspektif Ekonomi Politik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Tidak ada komentar: